Flowchart Tumpukan bilangan
Algoritma
1. Deklarasikan variable i, j, n untuk bilangan maksimal, klm untuk jumlah kolom, Definisikan variabel brs, klm, dan n dengan tipe integer. Tentukan nilai awal variabel kol dengan nilai 1.
2. Masukkan bilangan maksimal (n) yang akan ditampilkan.
3. Proses perulangan untuk brs sama dengan satu sampai dengan n :
a. Proses looping untuk klm sama dengan 1 sampai dengan klm :
cetak nilai pada variabel brs.
b. Tambahkan harga pada variebel kol dengan 2 dan nyatakan ke variabel kol.
Kalkulator sederhana
Flowchart
Algoritma
- Definisikan pil sebagai pilihan, bil1 dan 2 sebagai bilangan inputan pertama dan kedua, hsl sebagai hasil
- inputkan bilangan pertama
- inputkan bilangan kedua
- Konfirmasikan pilihan operator, pil 1 apabila memilih operator “+”, 2 jika memilih operator “-”, dan 3 untuk memilih operator “*”
- jika pilihan adalah 1 maka lakukan proses perhitungan hsl=bil1+bil2 kemudian ke langkah 8
- jika pilihan adalah 2 maka lakukan proses perhitungan hsl=bil1-bil2 kemudian ke langkah 8
- hitung hsl=bil1*bil2
- Tampilkan hasil perhitungan
- program selesai
Triangular
Flowchart
Algoritma
1. Deklarasikan variable i untuk perulangan, triang untuk menghitung triangular, n untuk jumlah triangular. Tentukan nilai awal variabel i dan tri dengan nilai 0.
2. Masukkan jumlah triangular atau jumlah bola yang berada pada urutan paling bawah ( n ).
3. Proses looping untuk i sama dengan satu sampai dengan n :
jumlahkan nilai pada variabel triang dengan nilai pada variabel i dan nyatakan ke dalam variabel triang.
4. Cetak nilai yang ada pada variabel triang.
5. Proses selesai
Membalik susunan angka
Flowchart
Algoritma
1. Deklarasikan variable bil untuk bilangan yang diinputkan, i untuk iterasi, dan jml untuk menghitung jumlah karakter bilangan, inisialisasikan jum=0.
2. Masukkan bilangan.
3. Proses perulangan untuk i sama dengan 0 sampai dengan isi dari variabel bil pada indeks ke-i:
a. Tambahkan nilai pada variabel jml dengan 1, kemudian nyatakan ke variabel jml.
b. Kembali ke langkah looping 1.
4. Proses perulangan mulai dari i sama dengan jumlah karakter sampai dengan i sama dengan 0 :
4.a Cetak isi dari varibel bil pada indeks ke-i.
4.b Kurangi nilai i dengan angka 1 dan nyatakan ke variabel i.
4.c Kembali ke langkah 4.a.
5. Program selesai
Membalik kalimat
Flowchart
Algoritma
1. Deklarasikan variable klm untuk kalimat yang diinputkan, i untuk iterasi, dan jml untuk menghitung jumlah karakter. Definisikan tipe, array of char unruk variabel klmt serta integer untuk variabel i dan jum yang diinisialisasi dengan 0.
2. Masukkan kalimat.
3. Proses perulangan untuk i sama dengan 0 sampai dengan isi dari variabel klmt pada indeks ke-i:
a. Tambahkan nilai pada variabel jml dengan 1, kemudian nyatakan ke variabel jml.
b. Kembali ke langkah looping 1.
4. Proses perulangan mulai dari i sama dengan jumlah karakter sampai dengan i sama dengan 0 :
4.a Cetak isi dari varibel klm pada indeks ke-i.
4.b Kurangi nilai i dengan angka 1 dan nyatakan ke variabel i.
4.c Kembali ke langkah 4.a.
8. Program selesai
Memilah bilangan maksimal 9999
Flowchart
Algoritma
1. Deklarasikan variable n sebagai bilangan yang diinputkan, i sebagai iterasi, sisa sebagai sisa awal, ss sebagai sisa definisikan dengan array of integer .
2. Masukkan bilangan yang ingin dipilah.
3. Konfirmasi apakah bilangan yang diinputkan berada di antara kurang dari 9999.
4. Apabila bilangan yang diinputkan lebih dari 9999, maka akan kembali ke langkah kedua (input n)
5. Konfirmasi apakah bilangan yang diinputkan berada lebih dari nol.
6. Apabila bilangan yang diinputkan kurang dari 0, maka akan kembali ke langkah kedua, (input n).
7. Namun apabila bilangan yang diinputkan sudah memenuhi syarat konfirmasi,maka akan terjadi proses looping dimulai dari i sama dengan 1 dan looping akan berjalan sampai i kurang dari 10000 atau lebih tepatnya maksimal sampai 9999 :
a. Hitung sisa bagi antara nilai pada variabel n dengan bilangan 10 dan nyatakan ke variabel sisa.
b. Kalikan nilai di variabel sisa dengan nilai i, dan nyatakan ke variabel ss pada indeks ke i.
c. Bagi bilangan dengan angka 10 dan nyatakan ke variabel n.
d. Kalikan nilai i dengan angka 10 kemudian nyatakan ke variabel i.
e. Kembali ke langkah looping 1.
6. Proses looping mulai dari i sama dengan 10000 sampai dengan 1 :
a. Cek apakah sisa pada indeks ke i tidak sama dengan 0.
b. Jika sisanya sama dengan 0, maka lanjut.
c. Bila sisanya tidak sama dengan 0, maka cetak nilai pada variabel ss dari indeks ke i dahulu, baru kemudian ke langkah selanjutnya.
d. untuk nilai yang ada pada variabel i dengan angka 10, dan nyatakan ke variabel i.
e. Kembali ke langkah looping 1.
7. Program selesai
Palindrom
Flowchart
Algoritma
1. Deklarasikan variabel, kal1 untuk kalimat yang diinputkan user, kal2 untuk copian dari klmt1, i untuk iterasi klmt 1, j untuk iterasi kalimat2 dan jum untuk menghitung jumlah karakter yang dituliskan user. Definisikan tipe array of char untuk variabel kal1 dan kal2, serta integer untuk variabel i, j dan jum. Inisialisasi nilai jml dan i dengan 0.
2. Masukkan kalimat yang ingin dibalik.
3. Proses perulangan untuk i sama dengan 0 sampai dengan isi dari variabel kal pada indeks ke-i adalah berupa karakter ’\0’ :
a. Hitung jumlah karakter dengan menambahkan nilai pada variabel jml dengan 1, kemudian nyatakan ke variabel jml.
b. Kembali ke langkah looping 1.
4. Proses perulangan mulai dari i sama dengan 0 sampai dengan i sama dengan jumlah karakter :
a. Copykan isi dari variabel kal ke variabel kal2.
b. Kembali ke langkah looping 1.
5. Kurangkan nilai pada variabel jml dengan 2, kemudian nyatakan ke variabel j untuk iterasi kal2.
6. Isi nilai i dengan 0.
7. Proses looping sampai dengan j bernilai 0 :
a. Konfirmasi apakah isi dari klmt1 pada indeks ke-i sama dengan isi dari kal2 pada indeks ke-j.
b. Bila isi dari kal1 pada indeks ke-i tidak sama dengan isi dari kal2 pada indeks ke-j, maka cetak ”Bukan palindrom” dan langsung ke langkah 9.
c. Namun apabila isi dari kal1 pada indeks ke-i sama dengan isi dari kal2 pada indeks ke-j maka lanjut ke langkah looping 4.
d. Hitung nilai j dengan mengurangkan nilai j dengan 1.
e. Hitung nilai i dengan menambahkan nilai i dengan 1.
f. Kembali ke langkah looping 1.
8. Cetak ”Palindrom”.
9. Program selesai
0 Komentar:
Posting Komentar
Berlangganan Posting Komentar [Atom]
<< Beranda